it's quick response :D

hari gini belum tau QR-Code?! gak lah ya..... xD
sebenarnya, memang masih banyak yang belum mengetahui apa itu QR-Code ,
pasti pernah lihat gambar kotak-kotak ini kan? tapi kadang orang berfikir apa kegunaannya? dan bagaimana pula cara menggunakannya.
Iya betul.... ini dia bentuk QR-Code. Quick Response-Code disingkat QR-Code atau dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan kode respon cepat merupakan suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan pada tahun 1994. QR-Code sendiri bertujuan untuk menyampaikan informasi dan respons yang cepat.

QR-Code dapat menyimpan URL, nomer telepon, teks ataupun informasi lainnya, yang biasanya kita temukan pada majalah, surat harian, iklan, kartu nama dan media lainnya.

QR-Code berbeda dengan Bar-Code (kode batang) yang hanya bisa menyimpan informasi secara horizontal, sedangkan QR-Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Jadi, singkatnya QR-Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada bar-code.


Secara khusus, QR-Code mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode biner sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter.

Cara membaca informasi pada QR-Code mudah dan sederhana menurut saya. Ponsel atau gadget yang digunakan harus mempunyai aplikasi pembaca QR-Code, setelah dijalankan aplikasi pembaca QR-Code tersebut, cukup dengan mengarahkan kamera ke QR-Code yang ingin dipecahkan, selanjutnya program pembaca QR-Code akan secara otomatis memindai informasi yang terdapat pada kode tersebut, yang dapat terbaca oleh kita. Cara lain untuk QR-code dapat dilakukan dengan cara meng-upload file gambar QR-code pada beberapa website yang menyediakan jasa layanan pembacaan QR code.

Adanya QR-code ini memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan media melalui ponsel secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, pengguna juga dapat membuat sendiri QR-code yang berisi informasi sesuai keinginan kita, cukup unik bukan?! :D

Sekarang ini, penggunaan QR-Code sudah merambah ke berbagai macam industri, seperti penggunaan QR Code untuk media promosi, sebagai bentuk kemudahan  akses bagi pengguna ponsel. Di Jepang, super market disana telah memanfaatkan QR-code untuk data-data tentang informasi makanan, misalnya kandungan nutrisi dan masa kadaluars. Dunia fashion, transportasi, pendidikan dan kesehatan pun sudah banyak menggunakan QR-Code, bahkan di jepang, QRcode juga digunakan untuk batu nisan kuburan sebagai penyimpan informasi jasad yang dikubur, agak ekstrim memang :D

unik, mudah dan praktis ya... :D

Oleh :






 

No comments:

Post a Comment