Sebuah Karya Dari Website Kementerian Indonesia

 Visit Indonesia!!!
Sebuah kampanye kebudayaan yang sedang digencarkan Indonesia ke dunia  Internasional.  Disini saya tidak akan membahas bagaimana kampanye tersebut  berjalan :) hanya ingin membahas betapa pentingnya peran teknologi informasi  dan komunikasi terhadap keberhasilan suatu kebijakan, apalagi dalam suatu skala internasional. Teknologi informasi dan komunikasi tersebut salah  satunya dituangkan dalam sebuah website yang dikemas secara menarik dan informatif. Namun apa yang terjadi pada website resmi Kementerian Kebudayaan  dan Pariwisata RI? inilah interfacenya.... :D

Background dari segi pengambilan warna monoton dan tidak menarik, tidak mencerminkan keragaman budaya indonesia

Navigasi searching kurang berfungsi dengan baik (menurut saya ukurannya  terlalu kecil dan sorting yang kurang baik :)) untuk ukuran suatu web  kementerian kebudayaan dan pariwisata.

bagaimana jika dibandingkan dengan fungsi searching pada situs http://www.indonesia.travel (situs khusus panduan pariwisata RI yang juga milik Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI)
Pada halaman Pidato Menteri tidak terdapat isi apapun

Halaman contact us terlalu kecil dengan posisi yang kurang tepat

 
Kurangnya link dengan jejaring sosial lain yang lebih efektif dalam  mengkampanyekan kebudayaan, misalnya Facebook dan Twitter

 
Tidak ada halaman FAQ (Frequently Asked Questions) dimana didalamnya terdapat informasi dimana Indonesia, bagaimana iklim, bahasa atau makanan, atau proses aplikasi VISA di Indonesia dan lainnya.

Kecuali isi web-nya yang memang masih update, web ini memang belum diperbaharui lagi, padahal pemerintah mengucurkan dana yang tidak sedikit  untuk program Visit Indonesia, namun apa yang terjadi? website seperti ini saja tidak terjaga dengan baik.
Bagaimana menurut kalian? :)


Website : Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI

                Official Website Pariwisata Indonesia  ---> sudah bagus menurut saya^^

By : G64090019

9 comments:

  1. Dari segi konten sih sudah bagus... tapi kalo tata letak(css dsb) kurang menarik... Mungkin jika ditambah efek2 (Javascript, Flash, Silverlight dsb) akan kelihatan lebih menarik dan tidak membosankan... :-)

    ReplyDelete
  2. well.. memang terlihat bahwa web dari kementrian kebudayaaan dan pariwisata RI. Terlihat simple. Tapi bila diberi sentuhan lebih lanjut lagi. Seperti banner yang ada di bawah diletakan di atas, lebih baik agar user lebih nyaman memperhatikan. Komposisi warna yang kerlihat 'suram'. Tetapi pengelompokan label dan informasi yang tersedia sudah cukup baik. Memang kurang di Pidato mentri dan bagian2 yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dan dunia internasional. Seperti FAQ, dan situs jejaring sosial.

    Bila dibandingkan dengan situs Visit Indonesia, memang terlihat jauh menarik Visit Indonesia. :)

    ReplyDelete
  3. bener fiq...
    harusny web kementrian RI harus lebih kompleks lagi tampilannya harus lebih elegan dan mencerminkan negara....
    dan isinya juga harusnya lebih banyak bukan hanya itu saja..

    ReplyDelete
  4. dari segi informasi untuk user sudah baik karena selalu ada update artikel, namun tampilannya sangat monoton dan tidak memiliki daya tarik sama sekali.

    ReplyDelete
  5. memang benar seharusnya kita bisa memanfaatkan teknologi informasi unutk memperkenalkan negara kita. keliatannyan web ini belum di update lagi. perbaiki lagi link-link yang belum berfungsim dengan baik dan contact person nya jngan disembunyiin biar bisa user liat

    ReplyDelete
  6. interface website ini benar-benar tidak menarik. Seharusnya web pariwisata memiliki desain yang yang menggambarkan budaya dan pariwisata di Indonesia. Dengan begitu, pengunjung akan tertarik untuk lebih menjelajahi website ini dan juga menjadi tertarik untuk berpariwisata ke Indonesia. Kelebihannya hanyalah artikelnya yang update.

    ReplyDelete
  7. interface website ini benar-benar tidak menarik. Seharusnya web pariwisata memiliki desain yang yang menggambarkan budaya dan pariwisata di Indonesia. Dengan begitu, pengunjung akan tertarik untuk lebih menjelajahi website ini dan juga menjadi tertarik untuk berpariwisata ke Indonesia. Kelebihannya hanyalah artikelnya yang update.

    ReplyDelete
  8. iya ufiq.
    setuju dengan pendapat ufiq, tampilan websitenya sangat berbeda jauh dengan visit Indonesia, kurang terlihat menarik.
    Jika diberi design warna yang lebih beragam dan tentu dengan corak yang lebih menampilkan kebudayaan kita, website tersebut dapat terlihat lebih menarik.

    ReplyDelete
  9. iya ufiq.
    setuju dengan pendapat ufiq, tampilan websitenya sangat berbeda jauh dengan visit Indonesia, kurang terlihat menarik.
    Jika diberi design warna yang lebih beragam dan tentu dengan corak yang lebih menampilkan kebudayaan kita, website tersebut dapat terlihat lebih menarik.

    ReplyDelete