Analisis Search Usability pada Website BNI

Tampilan halaman utama website Bank Negara Indonesia (BNI)
Ketika membuka website BNI, maka pada browser akan muncul halaman utama BNI yang merapat pada sisi kiri browser, sehingga pada sisi kanan terdapat ruang berwarna putih yang dibiarkan kosong begitu saja. Mungkin posisi yang merapat  pada sisi kiri browser ini dimaksudkan untuk memudahkan pandangan user agar tidak terlalu melebar sehingga fokus pada sisi kiri browser saja. Dengan posisi seperti ini, maka yang pertama kali saya lihat adalah search text box, yang memiliki accessibility tinggi untuk mencari suatu informasi pada situs tersebut. Menurut saya, akan terlihat lebih baik jika posisi web berada di tengah-tengah browser sehingga tidak ada ruang kosong yang terlalu lebar di sekitar halaman web. Untuk antarmuka pencarian dan hasil pencarian, masih terdapat kekurangan pada text box search. Menurut referensi yang saya baca di http://usabilitygeek.com/10-usability-guidelines-for-the-search-interface/ salah satu kaidah search box yang baik adalah kata search (cari) harus berada di sebelah kanan text box, dan sebaiknya menghindari kata Go, Find dan sebagainya untuk search button. Kata ‘cari’ sebaiknya dihilangkan, selain itu,  button Go, seharusnya diganti menjadi button search. Untuk lebar text box sendiri sudah baik menurut saya, jika input string banyak, maka akan otomatis bergeser ke kiri.

Saya mencoba melakukan pencarian di situs BNI, dengan mengetikkan kata kunci ‘internet banking’, kemudian, keluar hasil pencarian yang cukup banyak, sekitar 10 halaman lebih. Pada text box search kata kunci pencarian ‘internet banking’ tidak ditemukan lagi (tidak ada), padahal kata kunci tersebut akan sangat membantu jika kita melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama dengan tambahan string lainnya. Setiap halaman  hasil pencarian, dibatasi hanya 10 artikel saja yang termuat. Saya mencoba membuka search result yang menduduki nomor pertama, dan memang benar, artikel tersebut berisi informasi mengenai proses atau tatacara internet banking, setelah itu, saya meng-klik tombol back pada browser dan mencoba mencari artikel lainnya masih pada halaman pertama pada search result. Ternyata, judul / link pada artikel pertama dari search result yang saya kunjungi tadi tidak menunjukkan perubahan apapun sebagai tanda bahwa halaman tersebut telah dikunjungi, dengan kata lain, link atau judul dari halaman yang telah dikunjungi tidak berubah warna. Hasil dari pencarian sendiri masih kurang berkualitas, seperti ditunjukkan semakin ke halaman berikutnya, artikel sudah berbeda dari kata kunci yang digunakan dan ketika saya telusuri halaman-halaman berikutnya ada beberapa link yang sudah dihapus sehingga artikel tersebut tidak ditemukan lagi.

Saya pun mencoba membuka halaman kedua dari search result, ternyata tampilanya tidak banyak berubah, penomoran masih menggunakan 1 sampai 10 untuk masing-masing artikel (tidak dilanjutkan dari penomoran halaman search result pertama), dengan posisi nomor yang tidak tepat berada di baris judul artikel, cukup membingungkan menurut saya. Bahkan, halaman yang sedang aktif tidak diberi tanda apapun. Jadi, user dibuat bingung akan posisi halaman sekarang. Saya mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci lain, yaitu ‘ATM’ namun tidak muncul hasil pencarian apapun. Akan lebih baik lagi, jika tidak ditemukan artikel apapun dalam pencarian, dimunculkan tulisan ‘Not found’ atau dengan adanya suggestion, sehingga pengguna dimudahkan dalam melakukan pencarian. 

Desain Perbaikan :

Posisi Center pada Web Browser

 Search Box Design

Suggestion, Search Result 'Not Found'

Active Page, Halaman Web yang telah dikunjungi, Penomoran artikel


Daftar Pustaka:

DeGeyter, S. 2008. Searching for Better On-Site Search Usability. http://www.searchengineguide.com/stoney-degeyter/searching-for-better-onsite-search-usabi.php  [23 Oktober 2011]


Justin. 2011. 10 Usability Guidelines for Designing The Search Interface.  http://usabilitygeek.com/10-usability-guidelines-for-the-search-interface/  [23 Oktober 2011]


Krug, S. 2006. Don't Make Me Think! A Common Sense Approach to Web Usability, Second Edition . New Riders Publishing : California,  USA.

Nielson, J.  2011. Top 10 Mistakes in Web Design. http://www.useit.com/alertbox/9605.html [23 Oktober 2011]

No comments:

Post a Comment