Wisata Bogor : Cara Masuk ke Istana Bogor


Siapa bilang masuk Istana Bogor itu susah, banyak syarat & ketentuan? hehehe
Pertama kali denger sih gitu, yang "katanya" harus daftar dulu, bawa KTP, harus rombongan lalala

Beruntung tahun 2013 ini karena rasa penasaran, masa kuliah 4 Tahun di Bogor gak pernah ngerasain masuk Istana Bogor? Tanggal 17,18,19,20 dan 22 Juni 2013 lalu Istana Bogor di buka, gratis tidak dipungut biaya apapun. Biasanya Istana Bogor dibuka menjelang tanggal ulang tahun Bogor, sekitar bulan Mei-Juni setiap tahunnya. Kampus pun sebenarnya mengadakan pendaftaran untuk masuk Istana, tapi gw suka telat tau informasi pendaftaranya  atau kuota full :D

Alhamdulillah tanggal 20 Juni 2013 ada kesempatan, maksa dua orang anak bogor yang seumur-umur belum pernah juga masuk Istana Bogor :p kekeke akhirnya mau juga.


Saking penasaranya, nekat aja deh dateng ke depan gedung DPRD Bogor (deket stasiun bogor), iseng ikut ngantri eh bisa masuk ko, langsung dapet tiket + cap tangan, terus ikut ngantri buat masuk beramai-ramai ke istana melewati pintu samping, di depan Balai Kota Bogor. Memang lebih banyak yang datang rombongan seperti anak sekolah yang sepertinya harus daftar lebih dulu. 

Saran lebih baik datang pagi saat gelombang pertama atau kedua di buka, sekitar jam 8-9 pagi, karena masih sepi dan belum terlalu panas. Sebelum masuk ke Istana Bogor, kita harus steril, tidak boleh membawa tas, kita akan di minta untuk menyimpan tas di mobil box yang nantinya akan langsung diantar ke Istana, jadi barang berharga harap di bawa, jangan di tinggal di tas.
Oia pakaian untuk masuk ke Istana Bogor ini harus rapih ya :D kalau bisa jangan pakai jeans.

Tour Istana Bogor ini cukup singkat, mungkin karena alasan keamanan serta banyak juga yang mengantri untuk gelombang berikutnya. Tour di mulai dari pintu masuk Istana Bogor di depan balai kota Bogor, kita akan melewati metal detector, kemudian melewati taman, untuk foto-foto saja sebenarnya dilarang, karena antrian yang mengular, takut menghambat jadi tidak teratur nantinya. Terus kita lanjut memasuki ke dalam Istana Bogor, melihat banyak lukisan, cermin 1000 wajah dan lain-lain, keluar istana, dan mengambil tas di tempat pengambilan tas. 

Cukup mengusir rasa penasaran, yang belum coba segera mencoba! kesempatan langka loh hehehe











No comments:

Post a Comment