Pura Batu Bolong dan Pura Kaprusan - Lombok


Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong, salah satu pura cantik di Lombok yang terus dilestarikan dan disucikan oleh umat Hindu di Lombok. Pura Batubolong ditemukan oleh Danghyang Nirartha sekitar abad ke-XV. Beliau melakukan perjalanan menyeberangi selat Lombok dengan menyisir pantai utara selat Lombok. Sampai akhirnya suatu hari beliau sampai di Karang Bolong untuk beristirahat dan kemudian melakukan semedi di tempat yang terdapat batu besar dan berlubang (bolong).

Untuk masuk ke pura ini cukup dengan mengisi buku tamu dan membayar donasi secara sukarela. Kita akan diberi kain berwarna kuning/merah yang akan diikatkan ke pinggang. Bagi wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki pura ini. Pura Batubolong masih aktif digunakan untuk peribadatan. Oleh karena itu, berpakaianlah sesopan mungkin yang merupakan salah satu cara untuk menghormati penduduk setempat. Saat siang hari akan sangat terasa panas karena teriknya matahari, sehingga disarankan untuk datang sore hari. Menjelang malam, suasananya sudah gelap, ditambah angin yang cukup kencang.

Kita dilarang menaiki atas pure, karena tempat tersebut digunakan untuk beribadah


 batu bolong




Pura Kaprusan
Sebelum sampai di Pura Batubolong, Danghyang Nirartha terlebih dahulu melakukan semedi di tempat ini, yang sekarang disebut Pura Kaprusan. Tempat suci ini berlokasi tidak jauh dari Hotel Sheraton dan dapat diakses dengan berjalan kaki atau sekitar 3 Km dari Pura Batubolong. Lokasi pura ini cukup dekat dengan Sheraton Hotel.






No comments:

Post a Comment