G Mart Cibubur - Minimarket Makanan Korea



Terinspirasi dari drama korea Let's Eat jadi kangen kulineran korea lagi. Kepikiran sama tteokbokki, akhirnya iseng-iseng dateng ke G Mart toko yang menjual segala macam bahan makanan korea. 

Pertanyaannya adalah, gimana kalo pemilik G Mart ini G Dragon? Atau jangan-jangan pemiliknya itu fans beratnya GD? :D ahsudahlah

Senengnya G Mart gak jauh dari kosan, memang di Cibubur ini banyak banget sesuatu berbau korea, semacam restaurant, tempat les bahasa korea, tempat karaoke k-pop sampe club malam juga ada :p Mungkin karena disini banyak hidup oppa oppa expat korea. Sayangnya untuk restaurant korea sepertinya masih banyak yang belum halal. 


Awalnya ragu datang k G-Mart tapi setelah browsing-brosing bahan makanan halal korea akhirnya coba hunting di G-Mart. Hasil perburuan kali ini dapet kue beras, gochujang (pasta cabai korea hasil fermentasi), dan soy banana. Harganya lebih murah sih dari online shop di instagram.
  • Kue Beras Rp. 25000
  • Gochujang 200gr Rp 25000
  • Soy Banana Rp 12000
Sayangnya banana milk korea yang fenomenal itu gak ada. Bahan baku gochujang (Tradisional) ini berasal dari tumbuhan: bubuk cabai merah, tepung beras ketan, dan pasta kacang kedelai. Proses fermentasinya juga sama kaya tape ketan. Jadi, gochujang proses tradisional insha Allah halal. 
Tapi, untuk yang merk ini setelah saya coba browsing lagi, ternyata mengandung alkohol, karena fermentasinya tidak alami (bukan tradisional) Penjelasannya ada di FB Halal in Korea coba cari kata 주정(jujeong) di komposisinya.


When you find the word "주정(jujeong)" in the ingredient label,
it mean, the quantity of alcohol excess 0.5% by Korean Law.
So, most of Korean traditional foods using 고추장 are totally Haram.
떡볶이, 비빔밥 (without halal mark) are must-avoid-things.

Alhamdulillahnya belum sempet saya masak. Alhasil kue berasnya jadi rasa barbeque :D

                             
Soya Drink Banana HALAL

Jadi, harus lebih hati hati lagi memfilter informasi, Memang ada yang bilang ini halal itu haram. Sebaiknya dihindari jika belum berlogo halal.

G Mart berlokasi di ruko-ruko seberang Cibubur Point. Tepatnya di pojokan, persis di samping Prodia. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam, hubungi saja telp. (021) 84599858.
Cibubur Point
Prodia
Minimarket Korea G Mart
Rukonya kecil, tapi di dalamnya bener-bener beragam bahan-bahan makanan korea. G Mart Menjual aneka pasta / bumbu utama masakan korea yang belakangnya jang jang-an (gochujang, doenjang, pasta cabai ijo, cabai bubuk) :D, kimchi, nori, aneka ramyeon, ice cream (Binggrae), alat makan dan alat cuci ala drama korea, sampai sayuran, ikan dan daging segar. Beberapa produk sudah ada yang berlogo halal MUI, seperti nasi instan yang cukup di microwave.
Bubuk Cabai Korea
Paket nori + cetakan samgak kimbab / nasi kepal segitiga ala korea.

Aneka Soup Instan
 Anchovy beneran bukan Eunhyuk :D
Anchovy tapi bukan Eunhyuk yah :p


Kamsahamnida :D
Mari memasak~

1 comment:

  1. Bagi yang punya usaha nasi bebek.. Ini ada rekomendasi box makanan untuk kamu...
    Cek di sini ya :) http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete