Perjalanan Jakarta - Malang dengan Kereta Matarmaja


Kamis siang, di akhir bulan April, exited sekali. Akhirnya jadi juga jalan jalan ke Malang. Sejak H-90 sudah bersiap berburu tiket Kereta Ekonomi AC Matarmaja, takut kehabisan lagi. Kami belum memikirkan itinerary dan sebagainya waktu itu, pokoknya harus dapet tiketnya dulu, kalo sudah dapat, insha Allah aman :D

Ternyata untuk tiket kereta sekitar akhir april atau awal mei belum muncul juga di website KAI, dag dig dug entah kapan di rilis tiketnya. Katanya sih ada perubahan harga untuk kereta ekonomi, jadi KAI belum bisa merilis tepat waktu. Jejengjeng, buah manis dari terus mantengin twitter +KAI121 1 Maret akhirnya keluar juga harga tiket. Sudah diduga harga tiketnya melambung dari Rp 65.000 menjadi Rp. 115.000. Apa boleh buat, ketimbah naik bis yang lebih melelahkan atau pesawat yang over budget, kami langsung booking tengah malam hehehe. Yang membingungkan ketika booking kereta lewat website KAI adalah memilih nomor kursi. Kereta Matarmaja ini memiliki kursi berhadap-hadapan formasi 3-2, Kami hanya bertiga, bagaimana jika mendapat kursi yang malah saling membelakangi. 

Ini nih tips memilih kursi Kereta Matarmaja: (kasus 3 orang)
Pertama, pilihlah kode kursi kapasitas 2 orang, yaitu kode D dan E, sementara kode A, B, C kapasitas kursinya 3 orang. Kedua, pilihlah kode E jika ingin duduk dekat jendela. Yang membuat bingung lagi adalah nomernya. Setelah browsing saya mendapat pencerahan dari sini 
Berikut denah kereta Matarmaja:
Rasa khawatir masih dagdigdug sampai akhirnya tiba di TKP #tsaaaaaaah ternyata kami tidak salah memilih kursi sodara-sodara. Kursi pilihan adalah nomor 17E dan 18 D-E. Kursi 17 dan 18 D-E ini dekat dengan AC, tapi tidak begitu dingin ko.
AC dan bagasi full
my hot seat
my hot seat
Setelah check in di buka, segeralah masuk kereta, karena bagasi kita bisa di rebut orang, bawaannya banyak-banyak, yaaa kebanyakan memang orang yang akan melakukan trip. Kalau tas kita tidak terlalu besar, masih bisa di taruh di kolong kursi.


Sekitar 18 jam lama perjalan Jakarta - Malang dengan Kereta Matarmaja. Sangat-sangat-sangat kurang nyaman dengan posisi kaki. Segala macam posisi kaki di coba tetap saja kurang nyaman, mentok sana-sini hahaha. Semua kegiatan mulai dari shalat, makan, bobo cantik disini. Saat jam-jam makan malam, restorasi selalu penuh, siap siap sabar jika tidak membawa makanan berat.
Menjelang malam hari, tidak banyak yang bisa dilakukan selain ngobrol, tidur, ngemil, main hp dan sejenisnya karena diluar sudah gelap, tidak bisa melihat pemandangan.
Kira-kira begitu keseruan perjalanan Jakarta-Malang dengan Kereta Matarmaja. :D





No comments:

Post a Comment