Oleh-Oleh Khas Lombok


Toko Oleh-Oleh
Art Market  Senggigi
Pusat beragam kerajinan khas Lombok ini wajib di kunjungi jika anda sedang berada di Senggigi. Letaknya tidak jauh dari pantai Senggigi, sehingga kita bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki.
Di Art Market kita dengan mudah menemukan penjual cinderamata khas Lombok, mulai dari kaos Lombok beragam motif dan tulisan, kain sasak, kerajinan kayu bahkan mutiara.
Khusus untuk mutiara, sebaiknya belilah di outlet besar sehingga terjaga keasliannya, jangan lupa siapkan budget khusus jika ingin membeli mutiara. Jika di outlet besar kita akan menemukan beranekaragam mutiara yang sudah dibentuk menjadi perhiasan, baik mutiara air laut atau air tawar, serta beranekaragam ukuran. Untuk harga, terutama kaos dan kain sasak, di Art Market ini memang sedikit lebih mahal, jadi pastikan anda menawarnya. Selain Art Market, di Senggigi Central juga terdapat took souvenir yang cukup lengkap, yaitu Bayan Lombok Handicraft & Tropical Gifts.

Sepanjang Pintu Masuk Pantai Senggigi
Tidak hanya menyajikan keindahan, di sepanjang jalan menuju pantai Senggigi,  ada beberapa toko cinderamata yang menawarkan barang-barang kerajinan khas Lombok seperti lukisan, kerajinan tangan, kain sasak, perhiasan mutiara dan masih banyak lagi.
Menurut saya, untuk kaos Lombok, celana atau baju pantai, kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah disini. Selain di toko, banyak juga penjual keliling yang menjajakan cindera mata, khususnya gelang dan kalung mutiara. Tipsnya, belilah ketika hari mulai gelap, karena para penjual biasanya memberikan harga yang lebih murah, apalagi jika kita membeli dalam jumlah lumayan banyak. Harga kaos Lombok mulai Rp. 20.000 tersedia beragam motif unik, warna dan ukuran.
Pedagang di Pantai Senggigi
Toko Lestari
Pusat oleh-oleh yang menyediakan beragam pilihan makanan khas Lombok ini belokasi di Jl. Adisucipto Tinggar Ampenan, Mataram.  Makanan yang sangat populer adalah dari Phoenix Food, dengan harga mulai dari Rp. 20.000 diantaranya dodol aneka rasa buah dan yang paling favorit adalah olahan rumput laut berupa dodol,  manisan, dan permen. Yang wajib kita beli adalah ting ting kacang mete, serta olahan rumput laut, meskipun sebenarnya rasanya tidak begitu saya sukai, namun cukup untuk mengusir rasa penasaran. Ada juga cemilan stik rasa kangkung khas lombok. Pilihan unik lain adalah susu kuda liar, madu Sumbawa dan minyak gosok Sumbawa dengan bau yang sangat khas mulai Rp. 30.000-an. Jangan khawatir jika kita ingin membeli banyak oleh-oleh, Toko Lestari menyediakan packing yang cukup baik.

Bandara
Jika kita tidak memiliki waktu cukup untuk mampir ke tempat oleh-oleh, pilihan terakhir adalah bandara. Toko-toko di bandara menyediakan aneka oleh-oleh makanan yang cukup lengkap dengan harga yang tidak jauh berbeda dari pusat oleh-oleh. Dijual juga aneka telur asin bakar dan yang masih mentah. 

No comments:

Post a Comment