Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Karangsong Indramayu


Heeeey kalian orang Indramayu udah pada main kesini belum? :D
Pantai Tirtamaya, Eretan, Balongan, atau Glayem? hmmm udah mainstream deh ya (:

Belum lama ini gw main ke Pantai Karangsong, katanya sih tempat wisata yang lagi nge-hits di Indramayu. Dulu sih Karangsong familiar sama wisata pantainya, tapi belum lama ini dibuka wisata hutan mangrove (hutan bakau), kalau di Jakarta semacam wisata hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk. Lokasi Pantai Karangsong ini lebih dekat dengan pusat kota Indramayu, kalau familiar dengan daerah Karangsong, jalannya tinggal lurus aja menuju pantai.

Masuk ke tempat wisata ini mobil dikenakan biaya Rp.10.000, parkirnya luas, bahkan bisa langsung parkir di bibir pantai. Pantai di Indramayu memang bukan pantai pasir putih, jangan bayangin lautnya berwarna bening ya karena air laut disini berwarna coklat.
Saking berderetnya pedagang makanan di pinggir pantai, berderet pula sampah sampah disepanjang pantai, jadi kurang elok memang. Sensitif banget emang sih masalah sampah, percuma kalau tempat sampah udah banyak, petugas kebersihan rajin-rajin tapi wisatawan masih tetep buang sampah sembarangan :( So, buanglah sampah pada tempatnya ya!
Parkir luas
Penjual makanan di pinggir pantai.

Banana Boat
Mau yang lebih ekstrim lagi? Disini juga ada yang menyediakan paket wisata ke Pulau Biawak. Perjalanan dari Karangsong ke Pulau Biawak sekitar 4 jam. Heuheuheuuuu terbayang sudah pontang panting di laut pake perahu boat nelayan :D

Kalau mau yang deket-deket mending kita kesini aja hehehe, naik perahu gak sampai 5 menit ke ekowisata hutan mangrove. Tiket masuknya naik perahu Rp 15.000 (pulang pergi naik perahu), bisa pilih perahunya, mau naik yang pakai penutup atau tidak. Perahu ini cuma nge-drop kita sampai pintu masuk hutan mangrove, setelah itu perahu kembali lagi mengangkut penumpang yang akan pulang. 


perahu ke hutan mangrove
Kalau datang ke sini wajib banget selfie selfie foto berlatar landmark KARANGSONG :D
perahu ke hutan mangrove
Pemandangan di perjalanan saat menaiki perahu
Pintu masuk hutan mangrove

Dari pintu masuk hutan mangrove, mulailah berjalan ke arah kiri, ikuti saja rutenya. Rutenya memutari hutan mangrove, setelah kurang lebih setengah perjalanan, kita bisa menikmati pantai yang lebih bersih dan lebih tenang. Setelah melewati pantai, mulailah rute yang lebih seru, berasa sekali suasana hutannya.




Inget ya jangan buang sampah sembarangan, banyak tempat sampah disepanjang jalan hutan mangrove.
Foto dari atas jembatan
Rute dekat dengan pantai
Toilet, dekat dengan pantai.
Suasana hutan mangrove karangsong
Jembatan - penanda rute sudah hampir selesai.
Ekowisata Mangrove ini kerjasama Pemerintah - Pertamina
Yuk kita sama-sama menjaga keindahan hutan mangrove ini ya!
Semoga kedepannya jadi lebih baik :D

1 comment:

  1. Mari kita jaga lingkungan kita agar tidak lagi banyak sampah yang bertebaran. Bantu kami mewujudkan Indonesia yang hijau. Kunjungi kami di http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete