Fenomena Endorse Selebgram




Bicara soal endorse-mengendorse didunia instagram, sekarang banyak banget selebgram yang bermunculan. Mulai dari selebgram yang khusus endorse fashion, hijab, skincare, makanan dan segala macam produk online shop di instagram. Jumlah followersnya pun beragam, ada yang jutaan, ratusan atau masih dibawah 5000 followers saja kadang sudah bisa menjadi seorang selebgram. Fenomena selebgram ini banyak diminati oleh para online shop yang sudah terkenal ataupun sedang merintis usahanya, dengan tujuan utama supaya produknya laku dipasaran, menambah followers atau sekedar menciptakan brand awareness. Banyak online shop yang sudah membuktikan efek dahsyat endorse seorang selebgram yang biasanya langsung menambah drastis jumlah followers. Foto-foto yang dibuat oleh selebgram bisa menjadi testimonial menjanjikan sebuah online shop sehingga banyak menarik calon konsumen. 

Bagaimana sistem endorse produk selebgram?
Beberapa selebgram menangani sendiri jika ada online shop yang ingin mempromosikan produknya. Adapula selebgram yang mempunyai manajemen tersendiri, misalnya @joyagh yang tergabung kedalam sfspretty.management, atau selebgram lainnya yang tergabung kedalam blessing.management dan beberapa manajemen selebgram lain yang menangani endorse.

Cara endorse cukup mudah, hubungi saja kontak yang ada dibiodata selebgram via email, line dan sebagainya untuk meminta terms & conditions endorse. Jangan harap langsung dibalas ya, tapi ada juga sih selebgram yang fast respon. 

Sistem endorse yang ditawarkan ada yang gratis (free endorse) dan berbayar (paid endorse). Syarat-syaratnya pun beragam, ada yang tidak mau menerima produk-produk tertentu dengan alasan sudah overload endorse dan sebagainya. Waktu yang ditawarkanpun bermacam-macam, ada yang sudah diproses seminggu kemudian, adapula yang harus menjadi waiting list menunggu berbulan-bulan karena saking antrinya online shop yang minta endorse, dan biasanya selebgram akan memilih sendiri produk yang dia inginkan. 

Berapa biaya yang dibutuhkan jika ingin melakukan paid endorse?
Biayanya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Selebgram berhijab seperti @nabilazirus @strngrrr @sonyasams @nisacookie menawarkan tarif kurang dari 500rb. Namun, apabila yang kita inginkan untuk endorse adalah seorang selebriti yang sudah terkenal dilayar kaca seperti @tya_ariestya @natasharizkinew @tyasmirasih @jedarcantik biayanya sudah jutaan rupiah, memang sebanding dengan banyaknya jumlah followers, sehingga kesempatan memasarkan produk pun menjadi lebih besar.

Lalu, Bagaimana cara memilih selebgram yang sesuai dengan produk jualan kita?
Menurut saya, untuk menjadi seorang selebriti di instagram (non artis layar kaca :D) harus super kreatif, selain memang memiliki visual yang unik. Sebenarnya, selebgram yang bukan berasal dari layar kaca/artis mempunyai gaya yang lebih unik dan kreatif, ketimbang seorang artis yang menurut saya hasil karya fotonya biasa saja, hanya mengandalkan popularitas dan jumlah followers saja. Selebgram wanna be dituntut untuk selalu menghasilkan karya yang menarik sehingga followersnya terus bertambah. Dari kreativitas para selebgram itu, akan diketahui segmen pasarnya. Misalnya seorang @zahratuljannah yang bisa menciptakan style fashion hijab sendiri (maksudnya, model baju yang dia pakai ya selalu seperti itu :D)
Gaya fashion @zahratuljannah
Atau @nabilazirus yang super kreatif dalam mengedit foto, mungkin karena mba nabila ini seorang  creative editor dan illustrator juga, jadi foto-foto yang dihasilkan juga super unik.
Atau @iymel yang menurut saya punya gaya Hijab Super Swag hehehe

Atau si cool kids @nuhevita Okay~ she is my favorite fashion blogger. Lucuknya banget-banget. Sooo gorgeous!
@nuhevita
Atau bagi yang punya online shop perlengkapan bayi endorselah ke selebgram yang mempunyai anak kecil, misalnya @jedarcantik. Selain pertimbangan budget promosi, followers dan segmen produk, pilih juga dari isi/caption produk yang di endorse. Ada selebgram yang hanya mencantumkan "Top by @abcefg , celana by @xyzzzzz", ada juga yang menjelaskan panjang lebar disertai berbagai hashtag.


So, mau pilih endorse ke siapa? atau mau jadi selebgram? :D

source: instagram.com


Your vintage fashion! follow @CASUALPOPSHOP

<span data-iblogmarket-verification="_sKJW9lEczae" style="display: none;"></span>

No comments:

Post a Comment