Shalat Idul Adha di Pasar Senen


Tahun ini idul adha jatuh pada tanggal kamis, 24 September 2015, sudah jauh jauh hari saya memesan tiket pulang kampung. Meski tidak ada jatah cuti bersama seperti libur lebaran idul fitri, saya mencutikan diri untuk menikmati harpitnas di hari jumat, menyenangkan! Dengan menggunakan kereta api tegal ekspress, saya memutuskan pulang kampung setelah shalat ied saja supaya tidak terburu-buru. Saya pun sedikit kebingungan, karena stasiun pasar senen cukup jauh dari tempat tinggal, sehingga saya harus mencari tempat shalat idul adha yang paling dekat dengan stasiun pasar senen. Istiqlal? OK di Istiqlal saja, tapi rasanya cukup jauh, karena jadwal kereta berangkat pukul.07.45 tidak bisa diakses dengan berjalan kaki. Akhirnya saya bersama teman memutuskan mencari lokasi shalat saat sudah sampai di stasiun senen saja.

Sekitar pukul 06.00 kami berkeliling sekitar stasiun senen, berjalan mendekati pasar senen dan bertanya kepada orang-orang sekitar dimana tempat shalat ied terdekat, dan ketemulah sebuah lahan parkir yang katanya menjadi tempat shalat ied. Merasa kepagian karena tidak ada tanda-tanda keramaian orang untuk shalat, kami berjalan lagi dan bertemulah dengan ibu-ibu yang memang sudah terlihat dari barang bawaannya akan melaksanakan shalat ied.

Masih sepi
Ternyata, keramaian mulai terlihat sekitar pukul 06.30, Tidak usah khawatir jika tidak membawa alas, ada juga yang berjualan koran bekas dengan harga Rp 1.000 - Rp. 2.000 bergantung jenis korannya :D. Shalat Ied dimulai sekitar pukul 07.00. Sebelum memulai shalat, khatib lebih banyak menerangkan tentang sejarah dan orang-orang yang berperan penting sampai bisa diadakannya shalat ied di pelataran parkir ini, dan khutbah baru dilaksanakan setelah shalat.
Banyak juga para pemudik yang shalat di sini, dan tidak cuma di pelataran parkir, saking banyaknya orang yang menunaikan shalat, jalan raya dekat stasiun senen pun menjadi tempat shalat. Alhamdulillah.
                                      

Bisa berwudhu di sini, cukup bersih.

No comments:

Post a Comment