Persyaratan Dokumen Aplikasi Visa Korea Selatan 2015


Korea itu one of my dream destinations. Harap maklum, saya ini kpopers, kalau ibarat lagu sih "I want Nobody Nobody but you prok prok prok~ I want Nobody Nobody but you prok prok prok~" apasihnih yaa begitulah pengen banget kesana, udah ada di bucket list sejak dulu kala, sampai sekarang isi bucketnya udah mau tumpah-tumpah kali ya :D. 

Sebagai seorang warga negara berpaspor hijau bertuliskan REPUBLIK INDONESIA saya harus punya stiker tanda izin masuk ke Korea. Perjalanan mendapatkan stiker itu gak gampang buat saya karena modal niat doang emang gak bakal cukup hehehe. Akhirnya, setahun sebelum paspor expired, stiker itu bisa nempel juga di paspor saya.
Visa Korea Selatan
Proses apply visanya tidak saya urus sendiri, tetapi pakai jasa travel organizer tempat saya ikut tour ke Korea. Kenapa saya memilih jasa travel organizer? Karena saya gak mungkin ke Korea sendiri alias solo backpacking Duhhh bisa dipentung Ibu Bapak, salah satu kendalanya memang susah nyocokin jadwal sama temen, apalagi udah pada kerja, jadilah saya ikut open trip. Serunya open trip itu kita bakal punya temen-temen senasib, apalagi kalau destinasinya di negeri orang, kita semua udah kayak sodara, jadi akrab dengan sendirinya :D Alhamdulillah beberapa minggu sebelum hari H apply visa, teman saya yang masih satu aliran kpopers menanyakan apakah tahun ini ada agenda jalan-jalan jauh? Langsung saja saya ajakin:
"Ke korea yuuuuk" | "Mauuuuuu"  
-happy ending-

Berikut dokumen Aplikasi Visa Korea Selatan 2015:
  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi jika ada). Contoh kasusnya, saya cuma punya 2 cap negara Asean, bisa jadi salah satu penguat (dari sekian persyaratan visa), tapi ga ada yang menjamin bakal lolos juga. Jangan lupa periksa masa expired paspornya.
  • Formulir Aplikasi Visa. Teliti ya ngisinya, waspada sama typo.
  • Foto terbaru 6 bulan terakhir, background warna putih ukuran 3.5 x 4.5 (2lembar).  Kalau yang ini abang-abang tukang foto yang lebih paham, bilang saja buat visa korea.
    sumber
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi KTP KTP, Jamsostek/BPJS dan NPWP bisa difotocopi dalam 1 lembar kertas.
  • Surat Keterangan / Referensi Kerja (bahasa Inggris)**
    Contoh Surat Referensi Kerja, plus Kop Surat & Cap Kantor 
  • Surat Keterangan / Referensi Mahasiswa/Pelajar (bahasa Inggris)​***​
  • Surat Keterangan / Referensi Orang Tua (bahasa Inggris)***
  • Rekening Koran 3 Bulan Terakhir (diharapkan ada dana 1 Juta dikali banyaknya hari perjalanan) Bagian ini setidaknya harus dipersiapkan 3 bulan sebelum bulan apply visa, pemasukan dan pengeluaran sewajarnya, kalau bisa jangan ada yang terlalu mencolok hehehe. Misalkan kita akan apply visa akhir agustus, berarti minta di print untuk bulan Mei, Juni, dan Juli. 
  • Surat Referensi Bank (bahasa Inggris) Dibuat di cabang dimana kita membuat akun rekeningnya. Teman saya tidak melampirkan surat referensi bank karena tidak memungkinkan ke tempat membuat akun bank, tapi alhamdulillah lolos visanya. Membuat rekening koran dan surat referensi bank langsung di customer service, nanti kita akan diberikan formulir. Isikan saja untuk aplikasi visa korea selatan untuk misalnya traveling (tuliskan pula alamat embassy korea).
  • Fotokopi Jamsostek/BPJS**
  • Fotokopi NPWP** 
  • Fotokopi SPT Pajak** Tanda terima SPT Tahunan Th. 2014
  • Fotokopi Slip Gaji**

**   Untuk status sebagai Pegawai
*** Untuk status sebagai Mahasiswa/Pelajar

Jadi, tidak perlu melampirkan tiket pesawat yang entah gimana jadinya kalau sudah beli tiket ternyata visa ditolak. Pasti sedih banget dan butuh waktu buat ngumpulin semangat lagi (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩). Salah satu keuntungan apply via travel organizer itu kesempatannya lebih besar visa diterima menurut saya. Tapi mau apply sendiri atau via travel organizer kalau persyaratannya komplit plit Insya Allah tembus ⌒▽⌒ harus positive thinking dong. Dari semua persyaratan itu yang paling penting restu orang tua, banyak-banyak shalawat sama istighfar :D

Selamat mencoba o(^-^)o

No comments:

Post a Comment