Korea Selatan, Negara Ramah Muslim Yang Wajib Dikunjungi


"Korea Selatan, sebuah negara yang selalu membuat saya sukses penasaran dengan berbagai macam promosi pariwisatanya."

Sekitar 10 tahun yang lalu saya mulai mengenal Korea, saat masih berseragam putih abu, demam musik K-Pop mulai melanda remaja di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini, Hallyu Wave atau Gelombang Korea berkembang begitu cepat seiring semakin mudahnya akses internet. Di Indonesia sendiri, kebudayaan Korea banyak menyebar melalui tayangan drama dan musik K-pop, kemudian terus merambah ke dunia fashion, kuliner, bahasa bahkan industri pariwisata. Visual drama korea yang apik dan menampilkan sinematografi keindahan alam negeri empat musim ini sukses menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Korea. Bahkan, Korea juga masuk kedalam ” Top 10 The Most Visited Countries in Asia” karena banyaknya kunjungan turis mancanegara. 



Tahun 2015 lalu, pecinta drama korea dihebohkan dengan kemunculan mini drama berjudul Lunch Box yang dibintangi oleh Ji Soo, aktor muda berbakat Korea yang beradu akting dengan Amelia Tantono, mahasiswa asal Indonesia di Korea. Web drama tersebut menceritakan Yong, seorang pemuda yang hobi memasak jatuh hati pada Yulia, mahasiswa asal Indonesia. Ketika mengetahui bahwa Yulia adalah seorang muslim,  Yong berusaha menarik perhatian Yulia dengan memasak masakan Indonesia dan halal tentunya. Lunch Box merupakan bentuk promosi makanan halal korea dan menariknya, hal tersebut dapat dilihat sebagai kesungguhan pemerintah Korea untuk membuat Korea sebagai destinasi wisata yang muslim friendly atau ramah muslim. Bikin makin pengen menjelajahi Korea, bukan?

Sebagai seorang muslim, salah satu hal yang krusial ketika mengunjungi suatu negara dengan mayoritas non-muslim adalah sebisa mungkin untuk mencari informasi ketersediaan fasilitas ibadah (prayer room) dan jaminan makanan halal. Misalnya, dengan mencari makanan bersertifikat halal ketika berbelanja di minimarket, atau dengan mencari restoran berkonsep vegetarian, seafood, paling tidak restoran bertuliskan “No Pork”. Hal tersebut memang menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan muslim yang mendambakan wisata halal.

Salah satu rekomendasi saya untuk melakukan perjalanan wisata halal adalah menjelajahi negeri ginseng, Korea Selatan. Negara yang penduduknya mayoritas non muslim ini ternyata sangat ramah muslim loh. Di Korea, ada cukup banyak prayer room yang dapat kita gunakan untuk shalat, terutama di tempat wisata populer, seperti Nami Island, Everland, Petite France, Coex Mall, Korean Folk Village, Bandara Incheon dan masih banyak lagi. Ketersediaan masjid atau prayer room tentu saja sangat memudahkan wisatawan muslim dalam beribadah. Wisata halal memang tidak melulu soal makanan dan minuman halal atau kemudahan untuk beribadah, tetapi wisata halal juga mencakup kualitas pelayanan, baik itu kebersihan atau kenyamanan yang  juga merupakan bagian dari ajaran islam. Korea Selatan sendiri memiliki banyak atraksi wisata, seperti wisata sejarah dan budaya, belanja, kuliner, serta wisata alam yang sangat menyejukkan mata.

WISATA SEJARAH DAN BUDAYA


Berwisata sambil belajar sejarah dan budaya Korea, kenapa tidak? Banyak sekali bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Korea. Misalnya saja Gyeongbokgung Palace yang masih kokoh berdiri di tengah-tengah modernisasi kota Seoul. Tidak jauh dari Gyeongbokgung Palace, terdapat National Folk Museum, Blue House Presidential Palace, serta Gwanghwamun Square. Di Gwanghwamun Square, kita bisa mengetahui beragam informasi tentang sejarah Korea, dari titik ini pula kita bisa menikmati kemegahan Kota Seoul. Sejarah, politik dan budaya bersatu padu di tempat ini. Kalau di Indonesia, bisa digambarkan seperti alun-alun, tempat beragam event diselenggakan. Saat saya ke Korea tahun 2015 lalu, sedang ada peringatan satu tahun tragedi tenggelamnya kapal feri Sewol, nampak beberapa foto kenangan para korban yang sebagian besar adalah pelajar dan adapula tenda yang dijadikan sebagai tempat untuk mendoakan para korban dalam tragedi itu.


Bergerak ke Itaewon, kita bisa melihat kejayaan islam, disinilah tempat Seoul Central Mosque berada. Di sini pula terdapat lembaga pendidikan islam, pusat penelitian kebudayaan islam serta organisasi islam lainnya. Nuansa islami pun begitu terasa, ditambah lagi terdapat banyak restoran yang menghidangkan menu halal serta toko-toko yang menjual kebutuhan umat muslim.

WISATA ALAM
Salah satu tempat wisata yang membuat saya takjub adalah Cheonggyechon Stream. Sungai yang dulunya merupakan pemukiman kumuh bisa disulap menjadi tempat kekinian oleh pemerintah setempat. Meskipun berlokasi di jantung kota Seoul, sungai Cheonggyechon memiliki air yang sangat jernih. Sungai ini pun menjadi tempat  favorit untuk melepas lelah sekaligus bersantai.

Adapula tempat wisata paling populer di Seoul, yaitu N Seoul Tower. Karena berada di puncak bukit, N Seoul Tower dapat diakses menggunakan cable car, bus khusus atau dengan berjalan kaki melewati track khusus. Destinasi menarik lainnya adalah Seoul Time Capsule di Namsangol Hanok Village, yang merupakan pemukiman tradisional masyarakat Korea, menariknya, di Seoul Time Capsule ada sebuah batu yang terdapat ukiran lafadz Allah diatasnya. Untuk wisata yang menyajikan pemandangan alam yang dikelilingi pepohonan cobalah berkunjung ke Mount Sorak dan Nami Island.



Tidak hanya keindahan alam, Korea juga menyajikan beragam bangunan yang memiliki arsitektur keren, seperti Petite France dan Dongdaemun Design Plaza (DDP). Kedua tempat tersebut memang sering sekali menjadi filming location, penggemar drama korea pasti sudah familiar dengan beberapa spot bergaya vintage di Petite France karena saking seringnya dijadikan tempat syuting, seperti drama Beethoven Virus , Secret Garden, My Love From The Star, bahkan variety show seperti Running Man. Drama The Producers dan She Was Pretty pun pernah mengambil gambar di DDP yang memiliki gaya arsitektur futuristik. 



Mencari tempat hiburan yang bisa memacu adrenalin? Ada taman bermain terbesar di Korea, Everland atau jika ingin menikmati suasana taman bermain indoor cobalah berkunjung ke Lotte World.

WISATA BELANJA DAN KULINER
Tidak lengkap rasanya kalau ke Korea tetapi tidak mencoba wisata kuliner makanan lokal dan berkeliling  mengunjungi toko-toko kosmetik di Myeongdong. Selain terkenal dengan pusat pertokoan kosmetik, di Myeongdong terdapat beberapa pedagang street food yang menjual makanan halal, mereka juga selalu menyapa para wisatawan yang mengenakan hijab sambil meneriakkan “Halal, halal.”


Bagi penggemar K-Pop, di Myeongdong Underground Shopping Center banyak yang menjual CD, DVD dan aneka marchandise. Masih berlokasi di sekitar Myeongdong, ada beberapa shopping mall yang patut dikunjungi jika ingin berbelanja fashion, seperti Lotte Young dan Shinsegae. Tempat wisata belanja lainnya adalah Namdaemun Market dan Dongdaemun Market yang memiliki suasana lebih tradisional.




Selain Seoul, Korea Selatan memiliki beberapa wilayah yang populer dengan wisatanya, diantaranya Busan dan Pulau Jeju. Membahas tempat wisata di Korea Selatan ini memang tiada habisnya, tidak heran banyak turis mancanegara yang ingin kembali lagi untuk menjelajahi Korea Selatan.

Tidak usah bingung bagaimana mengatur dan membagi waktu untuk menjelajahi destinasi populer diatas, beragam destinasi menarik di Korea Selatan dapat langsung kita kunjungi dengan mengikuti tour yang diselenggarakan oleh Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia dan yang paling penting, selain menawarkan kenyamanan untuk menikmati keindahan alam Korea Selatan, Cheria Holiday  juga memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan para wisatawan muslim, yaitu Paket Tour Wisata Halal Korea dengan menyediakan menu halal dan paket wisata muslim friendly, dimana keleluasaan dalam beribadah sangat dijamin.



Cheria Holiday hadir seiring dengan tingginya kebutuhan wisatawan muslim yang mendambakan wisata halal. Untuk Korea Selatan, Cheria Holiday menawarkan beberapa Paket Tour Wisata Halal Korea dengan harga yang sangat bersaing. Salah satu daya tarik mengunjungi negeri empat musim adalah saat musim dingin dimana kita bisa mendapatkan sensasi winter wonderland, pasti sangat menakjubkan. Berikut Paket Tour Wisata Halal Korea untuk bulan Desember 2017:
Yuk lihat keseruan Tour Wisata Halal Korea bersama Cheria Holiday:


Cheria Holiday menawarkan paket halal tour dengan beragam destinasi mancanegara, bagi yang mempunyai bucket list tempat wisata tertentu, coba saja paket tour Spesial Customize Request, sehingga itinerary dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Jadi, sudah siap mau ikut Paket Tour Wisata Halal Korea yang mana nih? Langsung saja hubungi bagian marketing melalui whatsapp 087899641375 (online 24 Jam) atau datang langsung ke kantor Cheria Holiday, yang pasti mereka akan dengan senang hati membantu para customer.


Photo credit: Cheria Holiday, Dokumen Pribadi, Pictigar

1 comment:

  1. Coba kalau fontnya agak di geden dikit, pasti lebih enak dibaca

    ReplyDelete